Gak Usah Antri,,, Pendaftaran Bantuan Modal UMKM Bisa Dikolektifkan Melalui Karang Taruna Kelurahan

MULYADI

BANDUNG, disposisi.com – Kabar tentang bantuan hibah modal UMKM sebesar Rp 2,4 juta, telah membuat hampir semua masyarakat berjubel di tiap kelurahan di daerah masing-masing.

Diwilayah kota Bandung, kantor dinas koperasi dan KUMKM di daerah jalan Kawaluyaan, masyarakat berjubel menunggu antrian untuk memasukkan data mereka sebagai pelaku UMKM yang membutuhkan modal pembiayaan.

BACA JUGA : Oknum Perangkat Desa Ajukan Pemblokiran Nama Penerima Bansos BST,,,

Untuk mencegah kerumunan di tempat pendaftaran bantuan dana UMKM, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Kota Bandung membuat kebijakan baru.

Jika sebelumnya pendaftaran bisa melalui online atau datang langsung ke Kantor Dinas KUMKM dan Gedung Senbik, kali ini pendaftaran bisa dikolektifkan di kelurahan masing-masing.

Demikian disampaikan Kepala Dinas KUMKM Kota Bandung, Atet Dedi Handiman saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Rabu 12 Agustus 2020.

Selain bisa dikolektifkan di kelurahan, pendaftaran juga bisa dikolektifkan di organisasi atau lembaga seperti Karang Taruna.

“Kita mulai sosialisasi ke masyarakat untuk tidak datang langsung, tapi dikolektifkan di kelurahan dan lembaga-lembaga terkait,” kata Atet.

Atet mengatakan, sistem pendaftaran secara online banyak dikeluhkan masyarakat. Pasalnya, masyarakat yang membutuhkan dana UMKM tersebut tidak semuanya paham.

“Diawal-awal daftarnya secara daring, cuma banyak yang ngeluh, online tidak bisa diakses,” katanya.

Sementara pendaftaran secara offline yang dilakukan di Kantor Dinas KUMKM dan Gedung Senbik memiliki risiko besar terhadap penularan Covid-19.

5 thoughts on “Gak Usah Antri,,, Pendaftaran Bantuan Modal UMKM Bisa Dikolektifkan Melalui Karang Taruna Kelurahan

  1. Ya betul dikolektifkan. Tp pihak pengurusnya minta uang untuk RT/RW/LURAH dan ongkos pada saat pengajuan berkas. Tidak miris kah mereka melihat umkm lagi pada sekarat.
    Blm tentu cair sdh minta uang duluan.
    Bukannya mau bantu malah tambah bikin sengsara.

  2. saya sudah ada sms mbanking ada transper dari SPAN sebesar 2.4jt…tapi saldo belum bertambah… bagaimana jika seperti itu?

  3. Asalamuallaikum.. Mohon maaf bagaimana cara atau pormat pengajuanya pak.. Mohon info trmksih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *